Definisi Dan Pengertian Visa [INFORMASI]

Pengertian Visa sangat perlu untuk diketahui sebelum proses pengajuan Visa. Banyak biro jasa yang sering memanfaatkan celah atas ketidakpahaman pemohon Visa. Visa bukan hal yang luar biasa bagi yang sering bepergian keluar negeri, namun bagi sebagian orang yang baru memiliki passport tentu penjelasan pada situs ini menjadi sangat berharga. Mari kita simak lebih lanjut.

Visa adalah salah satu dokumen yang dibutuhkan seseorang untuk mengunjungi suatu negara berfungsi sebagai ijin memasuki dan tinggal di negara yang dituju. Pengajuan Visa wajib disertai dengan Passport. Dokumen pelengkap lain seperti kartu identitas lokal, surat sponsor atau keterangan kerja, kemampuan finansial dan lain lain juga akan dibutuhkan untuk mendapatkan persetujuan Visa. Masing-masing negara menerapkan kebijakan yang berbeda-beda dalam prosedur maupun dokumen pelengkap pengajuan Visa.

Bilamana pengajuan Visa ditolak oleh pihak kedutaan artinya Pemohon Visa belum dapat diberikan ijin untuk memasuki negara tujuan tersebut.

Seseorang tidak perlu mengajukan Visa untuk memasuki suatu negara apabila terdapat kerjasama khusus “Bebas Visa” antara negara tujuan dengan negara domisili pemohon visa, misalnya sesama negara Asean.

Beragam Jenis Dan Type Visa

Jenis Visa

Secara umum Visa dapat dibedakan menurut waktu pengajuannya.

  1. Visa on Arrival
  2. Visa Pre-Departure

Visa on Arrival

Visa yang diajukan ketika seseorang tiba di perbatasan atau pintu masuk negara tujuan. Pos perbatasan antar negara, bandara, pelabuhan atau stasiun. Untuk bisa mendapatkan persetujuan Visa jenis ini, seorang pengunjung harus menunjukkan dokumen perjalanan berupa paspor dan tiket pesawat kembali ke negara asalnya serta membayar biaya Visa yang berlaku. Tidak semua negara menyediakan fasilitas Visa on Arrival, begitupun halnya dengan pengunjung tidak semua negara dapat menggunakan fasilitas ini. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu kebijakan dan kondisi pemberian Visa suatu negara sebelum keberangkatan.

Visa Pre-Arrival

Jenis Visa yang harus diajukan terlebih dahulu sebelum keberangkatan (sebelum meniggalkan negara asal). Visa jenis ini diperoleh dan dikeluarkan oleh perwakilan negara semisal kedutaan atau konsulat negara tujuan yang berada di negara asal pemohon Visa. Tata cara pengajuan, waktu yang dibutuhkan, persyaratan yang diwajibkan serta biaya Visa berbeda-beda sesuai dengan kebijkan masing-masing negara. Lengkapi seluruh persyaratan dan pahami dengan baik prosedur pengajuan Visa sebelum diajukan atau akan berdampak pada ditolaknya aplikasi permohonan Visa anda.

Konsultasikan dengan kami, visaapp.net untuk mendapatkan informasi visa yang akurat.

TYPE VISA

Berdasarkan tujuan penggunaannya, Visa dapat dibedakan menjadi beberapa type. Penyebutan nama dan pengkategoriannya dapat berbeda antara negara satu dengan lainnya.

Secara umum kategori type visa terbagi atas:

  1. Visa Tourist, digunakan untuk tujuan wisata kunjungan jangka pendek. Kebanyakan negara memberikan ijin tinggal sampai dengan 30 (tiga puluh) hari untuk type Visa ini.
  2. Visa Business, digunakan untuk tujuan bisnis, usaha atau kunjungan relasi bisnis dengan masa tinggal terbatas yang berhubungan dengan institusi usaha resmi (perusahaan). Seminar atau training khusus dari perusahaan juga menggunakan kategori type Visa ini.
  3. Visa Visit / Private Visit, type Visa yang digunakan untuk tujuan kunjungan keluarga, kunjungan teman atau kunjungan yang bersifat pribadi lainnya.
  4. Visa Student, digunakan oleh pelajar untuk tujuan sekolah, kuliah atau tujuan studi lainnya yang berhubungan langsung dengan institusi pendidikan resmi di negara tujuan. Pada beberapa negara bahkan untuk tujuan Research atau penelitian juga menggunakan type Visa ini.
  5. Visa Working atau disebut dengan Visa Kerja digunakan untuk tujuan kerja umumnya dengan masa tinggal cukup lama berkisar 1 sampai dengan 5 tahun atau sesuai lamanya kontrak kerja.
  6. Visa Transit, digunakan untuk masuk ke suatu negara dengan tujuan transit sambil menunggu jadwal keberangkatan menuju negara tujuan akhir. Visa type ini biasanya memiliki batas waktu tinggal yang sangat singkat antara 1 (satu) sampai dengan 7 (tujuh) hari.
  7. Visa Seaman atau disebut dengan Visa Pelaut. Sesuai dengan namanya Visa ini digunakan dan diterbitkan untuk pelaut yang bertugas di kapal berlayar dari satu negara ke negara lain.
  8. Visa Waiver, yang sesungguhnya memiliki pengertian Bebas Visa atau dibebaskan dari kewajiban Visa. Namun pengunjung diwajibkan untuk mendaftarkan passport di kedutaan atau melalui fasilitas online pada beberapa negara tertentu. Hanya sebagian kecil negara yang memberlakukan type Visa seperti ini. Dan bilamana tersedia, Visa ini hanya diberlakukan untuk beberapa warga negara tertentu saja.
  9. Visa Diplomatic digunakan oleh diplomat untuk tujuan kunjungan resmi antar negara.
  10. Visa Immigrant diajukan oleh pemohon visa untuk memperoleh kesempatan tinggal dan menetap di negara tujuan. Proses pengajuan type Visa ini biasanya membutuhkan waktu dan prosedur yang cukup lama dan sangat berbeda dengan pengajuan Visa umum lainnya.
  11. Visa Refugee atau disebut Visa Pengungsi, type Visa yang diperuntukkan bagi orang-orang yang mendapatkan tekanan, tertindas atau menjadi korban perang di negara asal dan bermaksud untuk memperoleh kesempatan hidup baru yang lebih layak di negara tujuan.

Sementara itu setiap type Visa yang disebutkan sebelumnya masih dibedakan lagi berdasarkan jumlah ijin masuk (entry permitt) yang diperbolehkan, yaitu:

  1. Single Entry Visa, hanya dapat digunakan 1 (satu) kali memasuki wilayah negara tujuan. Pada kunjungan atau kedatangan selanjutnya setelah pemegang Visa keluar dari wilayah negara tersebut, diwajibkan untuk kembali mengajukan Visa.
  2. Double Entry Visa, dapat digunakan sebanyak 2 (dua) kali memasuki wilayah negara tujuan dalam batas masa berlakunya Visa yang diberikan.
  3. Multiple Entry Visa, kategori Visa ini dapat digunakan berkali-kali sebanyak yang dibutuhkan oleh pemegang Visa dengan batas maksimal hingga habisnya masa berlaku Visa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *